Cari Blog Ini

10 menit saja kau bertahan..

Orang-orang hebat sebenarnya hanyalah orang-orang biasa yang memiliki tekad yang luar biasa. Saat orang-orang disekeliling anda menyerah dan mundur, kertakkan gigi anda dan cobalah untuk menggali sedikit lebih dalam. Sukses diraih dan dipertahankan oleh mereka yang terus mencoba. Majulah dan akuilah : hari ini anda mungkin belum mencapai apa yang anda inginkan, harapkan dan impikan. Salah satu kunci untuk mendapatkan impian anda adalah sebuah tekad untuk tidak menyerah.

Ralph Waldo Emerson berkata, "Seseorang disebut pahlawan bukan karena ia lebih berani dari orang lain, tetapi karena ia berani bertahan sepuluh menit lebih lama." Seorang atlit lari jarak jauh belajar untuk menjadi 'terbiasa'. Ia akan terus berlari hingga kecapekan, tetapi dia tidak akan berhenti. Pelari biasa akan menyerah. Tetapi, pelari jarak jauh tahu bahwa jika ia dapat menahan kesakitan itu sedikit lebih lama, ia akan menjadi 'terbiasa'.

Sebelum seseorang mencoba cukup keras dan cukup lama sampai ia menjadi 'terbiasa', maka ia tidak akan pernah tahu seberapa besar yang bisa ia capai. Ingatlah, kemampuan itu terdiri dari 95% tekad untuk tetap bertahan.

Minggu, 21 Agustus 2011

Seri kedua Kepemimpinan : Pemimpin itu matang luar dalam.



Dari waktu kewaktu, saya bertambah yakin bahwa manusia dan anggur (minuman) memiliki rentan waktu yang sama untuk menjadi matang. Anggur akan memiliki kualitas yang baik jika ia diminum setelah di suling dan disimpan hingga bertahun-tahun lamanya. Sama halnya dengan manusia, semakin lama ia diberikan pembelajaran dan pemahaman terus menerus, ia akan menjadi pribadi yang matang pula baik lahir maupun bathin. Filosofi ini menjadi lebih meyakinkan untuk diamini kebenarannya jika kita melihat ke belakang sejarah-sejarah pemimpin dunia. Katakanlah salah satunya adalah Abraham Lincoln, Mantan Presiden Amerika. Ia beberapa kali gagal dalam pemilihan senat, kalah dalam kontes pidato, kehilangan istri dan terancam masuk rumah sakit jiwa. Namun itu semua tidak lantas menjadikan dirinya bernilai rendah dihadapan orang lain bahkan membuat dirinya sendiri menjadi lebih matang sehingga kemudian ia akhirnya terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.
Contoh terbesar kita tentu tetap p Rasulullah Muhammad saw. Ia adalah manusia yang justru proses tingkat kematangannya dimulai dari beliau kanak-kanak. Ini bukan hal yang biasa terjadi pada manusia manapun di muka bumi. Kematangan dan karisma yang dibentuk beliau bahkan tanpa perlu mengenyam pendidikan formal yang mengajarkan sopan santun dan tata karma. Sikap peduli, tenggang rasa dan segala sesuatunya yang membaikkan dirinya dihadapan orang lain itulah yang perlu kita contoh. Mudah-mudahan akan datang menjelang 2020 ini pemimpin yang setidak-tidaknya memenuhi 4 kriteria yang dikatakan oleh rasulullah, yaitu siddiq,amanah,fatonah dan tabligh. Karena dengan keempat modal utama itu, rasulullah tidak hanya memimpin ummat islam, tapi ia merupakan top figure pula bagi orang non muslim. Mudah-mudahan diri saya dan anda akan matang pada saatnya dimana masa itu milik kita ketika kita harus meneruskan tongkat estafet kepemimpinan nantinya, amien yaa rabbal alamien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts